Jaringan Komputer - 3 (H5024) - 1100012701

|

Physical Layer

Hallo apa kabar dunia,,,semoga semuanya masih tetap asyik - asyik aja, oiya sebelumnya saya pribadi mengucapkan HAPPY IED 1430 H Mohon Maaf Lahir Dan Batin ya(Maaf Kalo telat)hehee gimana nich selama libur panjang tentunya sudah pada cuci otak semuanya kan (istilah kata refreshing gitu). Yaudah langsung saja yawh kali ini saya akan membahas mengenai Physical Layer(Layer Fisik). Na disini ada beberapa point penting yang mungkin bisa bermanfaat bagi semuanya. OSI merupakan suatu kepanjangan dari Open System Interconnection Di tahun 1984 ISO (Internasional Standarizaation organization) mengeluarkan solusi untuk memberikan standarisasi kompabilitas jaringan-jaringan sehingga tidak membatasi komunikasi antar produk maupun teknologi dari vendor yang berbeda. Berikut merupakan7 lapisan dalam model OSI : 1 .Lapisan Fisik ( Physical Layer ) 2. Lapisan Koneksi data ( Data Link Layer ) 3. Lapisan Jaringan ( Network Layer ) 4. Lapisan Transpor ( Transport Layer ) 5. Lapisan Sesi ( Session Layer ) 6. Lapisan Presentasi ( Presentation Layer ) 7. Lapisan aplikasi ( Application Layer ) Adapun manfaat dari penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan untuk memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data.
Transmisi Data Pada Model OSI
Merupakan proses untuk mengirim data ke application layer, yang kemudian m
enambahkan aplication header, AH (yang mungkin juga kosong), ke ujung depannya dan menyerahkan hasilnya ke presentation layer. Perbedaan Switch dan Hub

Switch :


Switch biasanya digunakan untuk jaringan LAN token star dan digunakan sebagai repeater / penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dalam Switch biasanya terdapat routing yang berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN, di dalam Switch setiap port berfungsi juga sebagai suatu bridge, jika suatu port terhubung dengan suatu device maka secara prinsipal setiap device akan bersifat independen terhadap device lainnya, dan mampu bekerja secara full-duplex yang artinya mampu menerima dan mengirimkan data pada saat yang bersamaan.



Hub

Sama seperti switch, tetapi perbedaannya adalah hub tidak memiliki faslitas routing. Sehingga semua informasi yang datang akan dikirimkan ke semua komputer (broadcast).
Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuah
central connection point untuk komputer pada network. Fungsi dasar
yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer dan
mentransmisikannya ke komputer yang lain.

Pada dasarnya keduanya berfungsi mentransfer data dalam suatu jaringan. Perbedaannya adalah
Switch biasanya banyak digunakan untuk jaringan LAN token star dan digunakan sebagai repeater / penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP komputer yang satu dengan komputer yang lain.

IP ( Internet Protocol )
Merupakan protokol jaringan (layer 4 / layer Network pada OSI)
yang digunakan di internet. Ketika sebuah informasi mengalir ke bawah pada layer.

IP Address
sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

IP address panjangnya 32 bit dan dibagi menjadi dua bagian: bagian network dan bagian host. Batasan antara network dan host ini tergantung kepada beberapa bit pertama, seperti diperagakan pada tabel di bawah ini. Tabel IP Address Class-high-order bits-bagiancNetwork-bagian host jumlah address A 0 7 24 16.777.214 B 10 14 16 65.534 C 110 21 8 254 D 1110 multicast group (percobaan) multicast group (percobaan) 268.435.456 E 1111 multicast group (percobaan) multicast group(percobaan).

Nah mungkin hanya itu dulu yang bisa dishared, selebihnya nunggu hidayah dulu yawh,,hehehehee.. Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semua,,Amin.

1 comments:

schab said...

very useful posts, thanks.